Jumat, 26 Februari 2010

Cara Membuat Seprei

Mungkin ibu-ibu tidak pernah berfikir untuk membuat seprei sendiri,padahal membuat seprey itu sangatlah mudah dan tentunya bisa menghemat pengeluaran. Sebelum saya memberikan cara membuatnya sebaiknya kita perlu mengetahui terlebih dahulu apa saja alat yang di butuhkan yaitu; gunting,benang,jarum,karet dengan lebar minimal 2,5 cm,mesin jahit (apabila ada) tapi kalau tidak ada juga tidak apa-apa nggak usah putus asa masih bisa dijahit tangan koq dan yang terakhir kain seprey tentunya.Untuk kain pilihlah yang kualitas menengah ke atas karena lebih nyaman di pakai minimal harga per meternya 20.000 jangan dibawahnya. Sekarang kita mulai cara membuatnya:
Pertama-tama tentukan dulu ukuran kasur/busa yang ingin dibuatkan seprey, untuk panjang biasanya semua sama yaitu 2m (kecuali membuat sendiri) sedangkan lebarnya bervariasi dari 80 cm,90 cm.100 cm,dan selanjutnya.Sebagai contoh kita akan membuat seprey untuk kasur berukuran 160cm x 200cm. Bahan yang kita butuhkan 3,5m. Kita potong kain selebar 2m untuk seprey (160cm +40cm untuk lipatan kebawah),lalu kita potong keempat pojoknya dengan ukuran panjang 20cm dan lebar 20 cm. Setelah itu masing-masing pojok kita jahit sehingga membentuk sudut dan kita pasang karet. Selanjutnya kita ambil sisa bahan kita potong selebar 50cm lalu kita bagi 2 untuk membuat sarung bantal. Kita potong lagi sisa bahan selebar 75cm lalu kita potong sepanjang satu meter sebanyak 2bh untuk membuat sarung guling dan sisanya kita bagi dua masing-masing sepanjang 20cm lalu sisihkan. Untuk membuat sarung bantal kita ambil potongan kain lebar 50 cm dan kita satukan dengan potongan kain panjang 20cm lalu kita jahit sehingga membentuk sarung bantal. Untuk sarung guling kita ambil potongan kain selebar 75cm dan kita jahit vertikal ,pada ujungnya kita beri tempat untuk memasang tali dan selesailah kita membuat seprei beserta sarung bantal dan gulingnya.

14 komentar:

  1. hi nama saya tita pengen deh coba sesuai cuma saya buta sama sekali tentang jahit menjahit. kalau aja di tambahin gambar nya. trus di kasih tau cara jahitnya pake tangan gimana. wah ok deh.

    thanks ya info nya

    email : morki_brown@yahoo.com

    BalasHapus
  2. makasih infonya.. berguna banget..

    BalasHapus
  3. to: Anggi Yani

    saya delvi, saya bener2 mau usaha sprei dg cara jait sendiri. karna saya yakin sprei bisa memberi peluang bagus utk usaha.

    Anggi Yani, saya kan bener1 awam banget (ga ada basic jait), kalo misalnya lokasi ga berjauhan, apa terima kursus ga?

    email saya ya, di tri.delvi@gmail.com

    thanks a lot

    BalasHapus
  4. ass...
    numpang iklan ya mb.

    bagi yang mau kulakan aksesoris komputer,spt flash disk hp/toshiba/kingston dll, headset/mouse/speaker antik2 bentuk kaleng minuman,bentuk rokok,aksesoris notebook jg ada..

    silahkan masuk ke sini ya
    www.76computer.com

    thank's ya mb anggi.

    BalasHapus
  5. Hallo mbak anggi. Boleh kah saya minta tutorialnya krn saya ingin buat sprei untuk anak saya saya juga tdk punya mesin jahit. Yang pasti yang saya butuhkan informasi lebih detail tentang pola dasarnya. Kalau berkenan kirim ke email saya ya mbak anni_cayu@yahoo.co.id nuwun..

    BalasHapus
  6. ijin copas ya mbak
    sangat berguna soalnya
    thanks

    BalasHapus
  7. Benar sekali, sangat bermanfaat sekali informasinya, terima kasih admin. Untuk yang mau memiliki sprei anti air bisa melihat enic sprei anti air murah di http://www.SpreiAntiAir.com

    BalasHapus
  8. aku agak bingung masang karet di sudutnya. gimana ya mbak?

    BalasHapus
  9. Makasih mba.... Akhirnya saya bisa punya sprei baru buatan sendiri.... Beli bahan bagus tanpa harus bayar ongkos jahit. Sukses ya mba Anggi :)

    BalasHapus
  10. pengen cb .....


    visit my blog tria.ky.blogspot.com

    BalasHapus
  11. Saya pngn bnget bikin2 sendiri ,tapi beli kain Nya susah buat Sepre ,klo di indonesia

    BalasHapus
  12. ia nih.. buatkan polanya dan gambarnya biar jelas dan bisa dipraktekan..

    BalasHapus
  13. kalo pengen bisnis sprei (buat label sprei sendiri) itu gimana ?
    pengen buat label sprei sndiri.

    BalasHapus

Mohon tinggalkan komentar di sini