Jumat, 14 Mei 2010

Haruskah Memaksa Anak Berjilbab

Melihat judul di atas mungkin pembaca berfikir bahwa penulis memiliki anak perempuan, yup...tepatnya dua anak perempuan. Mengenakan jilbab bagi perempuan muslimah adalah keharusan karena memang diperintahkan dalam Alqur'an. Bagi ibu-ibu mungkin tidak ada masalah toh sekarang banyak jilbab dengan berbagai model yang simple dan mudah dipakai.

Bagaimana dengan anak-anak kita yang perempuan tentunya? Bila kita lihat gaya berpakaian anak-anak muda sekarang kita patut prihatin apalagi semenjak ada yang namanya legging itu celana tipis ketat dan pas membentuk tubuh kalau dipakai seperti telanjang. Sudah begitu masih banyak juga ibu-ibu yang dengan pedenya memakai.

Kembali ke permasalahan sebagai orang tua tentu kita ingin anak-anak berpakaian yang sopan sesuai dengan syariat islam, tapi bagaimana dengan keinginan anak apakah sama? Biasanya anak tidak suka berpakaian muslim dengan alasan nggak gaul lah,nggak pedel lah,panas lah, dan masih banyak lah lah yang lainya.
Lalu kita harus bagaimana? Memaksa tentu bukan jalan yang terbaik kalaupun mereka mau memakai jilbab dari rumah begitu sampai di jalan udah buaaang,sstt ....yang ini berdasarkan pengalaman.

Jadi sebaiknya kita perlu menanamkan pengertian pada anak tentang bagaimana cara berpakaian yang islami tentu tidak langsung full busana muslim.Mulailah dengan berpakaian yang tidak ketat,tidak transparan dan tertutup sehingga pada akhirnya pada diri anak akan tumbuh kesadaran dan mau melakukan atas keinginan sendiri dengan ikhlas tanpa merasa dipaksa oleh siapapun dan dia akan merasa nyaman dan percaya diri..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon tinggalkan komentar di sini