Jumat, 23 September 2011

KEUTAMAAN SHOLAT DHUHA

Sholat dhuha adalah salah satu sholat sunah yang sangat ditekankan untuk diamalkan dan menjadi salah satu wasiat Rosulullah sebagaimana hadis yang di sampaikan Abu hurairah ra yang artinya"Nabi saw mewasiatkan kepadaku tiga perkara yaitu; puasa 3 hari setiap bulan (tgl 13,14,15) bulan Qomariah,mengerjakan sholat sunah dhuha 2 rokaat,dan sholat witir sebelum tidur.
Beberapa keutamaan sholat dhuha adalah:

1.Dilapangkan dalam segala hal terutama riski. Banyak pengusaha sukses yang ketika di tanya apa rahasia kesuksesanya mereka menjawab "Sholat dhuha".
2.Sebagai ungkapan terimakasih pada Alloh atas nikmat yang telah diberikan. Sebagaimana hadis yang disampaikan HR Muslim dan abu dawud yang artinya "Tiap-tiap ruas tulang dari milik kalian ada sedekahnya begitu pula tiap tahmid ada sedekahnyadan setiap tahlil itu sedekah dan tiap bacaan takbir itu sedekah.Amar ma'ruf nahi munkar itu sedekah.Dan dari segalanya tersebut akan memadai dengan dua rokaat sholat Dhuha".
3.Untuk mendapat ganjaran surga sesuai hadis rosulullah yang artinya "Di dalam surga ada pintu bernama bab-ad-dhuha dan pada hari kiamat nanti ada orang yang memanggil "di mana orang yang senantiasa melaksanakan sholat dhuha? Ini pintu kamu masuklah dengan kasih sayang Alloh".(HR.Attabrani).

Waktu pelaksanaan sholat Dhuha
Seperti yang dicontohkan Rosululloh yaitu ketika anak onta merasakan kakinya kepanasan kira-kira pukul 7
.00 sampai 11.00. Jumlah rokaatnya minimal 2 maksimal 12 tiap tiap 2 rokaat salam.

Surat yang dibaca
Rosululloh selalu membaca surat Ad-dhuha pada rokaat pertama dan surat Al-iklas pada rokaat kedua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon tinggalkan komentar di sini