Jumat, 03 Juni 2011

BERTENGKAR DENGAN ORTU?

Pertengkaran antara anak dan orang tua memang sering terjadi apalagi orang tua yang memiliki anak remaja. Biasanya pertengkaran terjadi karena dipicu oleh perbedaan pendapat antara anak dan orang tua.Maklum orang muda jaman dulu dengan orang muda jaman sekarang pasti berbeda cara pandangnya.Semua oramg tua pasti menginginkan anak yang penurut,rajin belajar,rajin beribadah dll pokoknya yang baik-baiklah.Tapi anak apalagi remaja pasti punya keinginan lain,mereka ingin di beri kebebasan mengekspresikan keinginanya dan mengikuti gaya hidup teman-temanya.Perbedaan itulah yang sering memicu terjadinya pertengkaran,maklum berbeda generasi pasti beda pendapatnya.

Untuk mengatasi perbedaan itu kuncinya adalah komunikasi,komunikasi yang baik  merupakan kunci dari hubungan yang harmonis antara orang tua dan anak.Mungkin orang tua juga perlu memberi sedikit kebebasan pada anak (meski sebenarnya khawatir juga) dan anak juga perlu memahami kekhawatiran orang tua. Bagaimanapun juga kalau anak diberi kebebasan berlebih bisa memicu terjadinya salah pergaulan,jadi meski diberi kebebasan harus tetap dalam pengawasan.

Semua yang dilakukan orang tua pada hakekatnya adalah wujud dari perhatian yang bertujuan untuk kebaikan si anak juga.Anak tetap boleh berbeda pendapat asal disampaikan dengan santun sehingga tidak memicu kemarahan orang tua dan satu lagi jangan pernah berbohong karena kalau sampai ketahuan maka anak akan kehilangan kepercayaan dari orang tua dan itu akan sangat menyulitkan.Katakanlah dengan jujur orang tua pasti akan memberi solusi.

Pembatasan yang dilakukan orant tua pada anak bertujuan untuk meminimalisasi kesalahan karena anak belum memiliki banyak pengalaman sehingga perlu bimbingan dengan menanamkan pendidikan agama sehingga keimananya menjadi kuat dan tidak mudah terpengaruh hal-hal buruk dari lingkungan.

Orang tua juga harus mendukung keinginan anak selagi itu positif dengan begitu anak merasa dihargai.Biasanya perilaku anak dipengaruhi oleh teman-temanya,untuk itu memilih teman-teman yang baik adalah keharusan bagi anak.Sesungguhnya begitu besarnya kasih sayang orang tua pada anak orang tua selalu merasa khawatir pada anak-anaknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon tinggalkan komentar di sini