Kamis, 13 Januari 2011

ANAK ADALAH INVESTASI

Memiliki anak yang sholeh/sholihah adalah impian semua orang tua.Anak adalah investasi yang akan berguna kelak bila orang tua sudah meninggal,karena orang yang sudah meninggal akan putus semua amalnya kecuali 3 hal yaitu; amal jariyah,ilmu yang bermanfaat,anak sholeh yang mendoakan orang tuanya.

Untuk itu orang tua harus berusaha sekuat tenaga agar anak-anaknya menjadi anak yang sholeh/sholihah, namun itu bukanlah hal yang mudah untuk kondisi sekarang ini dimana pengaruh tehnologi seperti televisi,bioskop,dan internet yang sangat mudah menjerumuskan anak dalam pergaulan bebas dan kebobrokan moral. Penulis sangat sedih melihat pergaulan remaja jaman sekarang yang jauh dari kaidah-kaidah agama.Berpakaian yang mengundang shahwat,berdua-duaan dengan lawan jenis,membohongi orang tua seolah-olah sudah menjadi hal biasa yang dilakukan tanpa rasa bersalah sedikitpun.

Betapa sulitnya memberi pengertian pada anak agar mau bergaul sesuai ketentuan agama.Kadang orang tua dibuat terkaget-kaget dengan kelakuan anak yang jauh dari norma-norma yang sudah diterapkan dalam keluarga yang bisa jadi merupakan aib.Memang aib harus ditutupi tapi ada kalanya perlu dibuka apabila tujuanya untuk mendidik  agar si anak mengetahui kesalahanya beserta akibat-akibat yang ditimbulkan sehingga anak menjadi sadar dan tidak mengulangi perbuatanya.Aib tidak boleh dibuka bila tujuanya hanya untuk mempermalukan.

Sesungguhnya orang tua sangat-sangat tidak ingin memarahi anaknya,semua terpaksa dilakukan agar anak tidak terjerumus lebih jauh dalam jurang kesesatan.Ini yang kadang tidak dipahami oleh anak, mereka tahunya orang tua melarang ini itu,membatasi kesini kesitu,harus begini begitu de el el.Padahal tanggung jawab menjadi orang tua sangatlah berat karena akan dipertanyakan di akherat nanti.Sesungguhnya keinginan orang tua sangatlah sederhana:memiliki anak-anak yang sholeh sholehah yang berbakti pada orang tua dan bertaqwa kepada Alloh SWT.

2 komentar:

  1. Betul bu. terkadang membentuk budi pekerti anak agar sesuai dengan tuntunan agama memang perlu perjuangan. Tetapi semuanya perlu perngobanan dan tak lupa harus diiringi do'a. agar kelak anak bisa menjadi anak sholih maupun sholihah sesuai dengan syar'i. salam kenal dari http://www.om-onny.com/

    BalasHapus
  2. iya bu saya sangat setuju dengan pendapat ibu. sekarang ini memang susah sekali mendidik anak dengan mengabaikan tehnologi.sebagai ibu kita harus pintar2 bagaimana menggunakan tehnologi di tempat yg positif dengan tidak lupa mengabaikan pendidikan akhlak pd anak. insya Allah dengan pendidikan agama dan akhlak serta tentunya motivasi orang tua anak akan berjalan di jalan yg benar amin.

    BalasHapus

Mohon tinggalkan komentar di sini